"Sejarah" Sholat

Pagi ini, Selasa 18 Des 2012, saya mendapat BBM dari group Braya Family, dikirim oleh pak H. Mustofa Djamal (HMD). Isinya tentang "sejarah" siapa yang pertama kali sholat.

Supaya tidak menambah/mengurangi, saya kutipkan sbb:

SIAPA YANG PERTAMA KALI SHALAT

Kita umat Nabi Muhammad diwajibakan shalat setelah terjadi isro’ mi’roj. Tetapi siapa sebenarnya pelaku shalat yang pertama kali, pada nabi-nabi sebelum nabi Muhammad?

SHALAT SUBUH
Manusia yang melaksanakan Shalat Subuh pertama kali adalah Nabi Adam AS, ketika Allah menurunkannnya ke dunia (setelah di surga). Adam berada di dunia yang sangat gelap. Ia sangat ketakutan, lantas ia berdoa kepada Allah hingga fajar datang. Oleh karena itu, setiap fajar hampir pecah, adam selalu shalat dua rokaat.

SHALAT DHUHUR
Nabi Ibrahim AS pernah mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih anaknya. Karena saking cintanya kepada Allah, Nabi Ibrahim melaksanakan perintah tersebut. Tetapi maha suci Allah dan maha pemurah, maka Nabi Ibrahim tidak jadi menyembelih anaknya, Nabi Ismail sehingga beliau sembahyang empat rokaat.

SHALAT ASHAR
Nabi Yunus AS-lah yang pertama kali shalat Ashar. Saat itu ia sedang berada di dalam perut ikan Nun. Oleh karena Allah maha mengetahui dan maha kuasa, maka Nabi Yunus dapat keluar dari perut ikan Nun, lantas dirinya dimuntahkan di pinggir pantai. Bersyukurlah beliau hingga beliau melakukan sembahyang sebanyak empat rokaaat.

SHALAT MAGHRIB
Umat Nabi Isa pernah dalam keadaan kejahilan dan kebodohan. Allah telah menyelamatkan Nabi Isa dari kaum tersebut, saat itu adalah terbenamnya matahari yaitu keadaan Maghrib, bersyukurlah Nabi Isa kemudian sembahyang sebanyak tiga rokaat.

SHALAT ISYA’
Nabi Musa lah yang pertama kali shalat Isya’. Saat itu beliau sedang tersesat di negeri Madyan. Allah telah memberinya jalan yang benar ketika malam menunjukkan waktu Isya’. Saat itulah beliau bersyukur dan bersembahyang sebanyak empat rokaat.
Ini merupakan informasi baru bagi saya, dan seperti biasa, saya menanyakan sumbernya. Pak HMD memberikan keterangan bahwa informasi tersebut berasal dari pengajian.
Saya kutipkan lagi sbb:
Baru sabtu pagi kemaren waktu ngaji surat Ali-Imran ayat 80 an....dalam catatan terjemahnya di sampaikan bahwa dahulu sebelum Rasulullah SAW, nabi terdahulu juga melaksanakan Sholat...uma tidak seperti Islam melaksanakan 5 Waktu, itu sebabnya saat perintah Sholat 50 waktu, Rasulullah SAW saat mau kembali ke dunia, ketemu Nabi Musa AS, dan diberikanlah saran supaya kembali menghadap Allah SWT untuk minta keringanan, setelah beberapa kali hilir mudik, ditetapkanlah Kewajiban Sholat 5 Waktu..
Kebetulan di kantor saya hari ini ada pengajian rutin, dengan pengisi ceramah
Ust. DR. TGK. H. Gunawan Adnan, M.A. Ph.D dosen IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh (kebetulan beliau sedang mengisi beberapa pengajian di Jakarta). Di akhir acara, kepada beliau saya tanyakan kesohihan informasi di atas. Ternyata beliau juga belum mendengar tentang hal tersebut, dan tidak bisa memberikan keterangan.

Saya, seperti biasa juga, mulai googling, dan menemukan cukup banyak web/blog yang memuatnya. Dari sekian site, saya "tidak" menemukan yang cukup credible untuk memuat informasi ini secara sohih, kecuali satu, yaitu "Situs Resmi Nahdlatul Ulama (NU Online)" (demikian judul situs).
Alamatnya: WWW.NU.OR.ID

Situs lainnya yang saya pilih:
  1. kisahislamiah.blogspot.com
  2. kanal3.wordpress.com
  3. ingatakupadamu.blogspot.com
  4. edelwasse.blogspot.com
  5. indahmasruroh.multiply.com
  6. hafidah-febry.blogspot.com
  7. blog.ub.ac.id/ariarisukmana
  8. bahesti.wordpress.com
Wallahu a'lam, saya masih belum berani menyimpulkan keabsahannya.
Mudah-mudahan rekan yang membaca blog ini bisa menambahkan informasi.
Terima kasih.


5 komentar:

  1. Yang bapak tanyakan mengenai riwayat para nabi yang sholat (jujur saya juga baru baca di blog ini) atau soal peristiwa mi'raj yang pertemuan nabi Muhammad SAW dan Nabi Musa AS ?
    Kalau soal peristiwa mi'raj, Referensinya banyak, contohnya :
    1. Kitab Shohihul Bukhari
    2. Kitab Lu'lu' wa Marjan (kitab kumpulan hadits yang disepakati Bukhari dan Muslim).
    3. Kitab Riyadhus Sholihin

    Tapi kalau soal siapa para nabi yang pertama sholat, saya ga bisa bantu juga

    Mudah-mudahan bisa membantu.

    BalasHapus
  2. Itu bisa dilihat di Kitab Hasyiyah al-Jamal karangan Syekh Zakariyya al-Anshariy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih info bermanfaat. tapi saya penasaran ingin mengetahui sumber yg syah tentang serita tawar menawar rasulullah Muhammad dgn Allah tentang perintang shalat yang 50 menjadi 5. saya sedang mencari sumbernya.

      Hapus
  3. kunjungi bllog kami www.swaranda.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Nice info master . . . :)

    BalasHapus