Tulis-Menulis

Selain menyukai programming, saya juga suka menulis, atau... bisa menulis (semua yang tidak buta huruf juga bisa ya?). Prestasi pertama saya dalam menulis adalah menjadi Juara II lomba mengarang tingkat SMPN Sila (Bima-NTB). Waktu itu saya masih kelas 2 SMP (dulu hanya satu SMP Negeri di Sila dan sekitarnya, mulai dari Donggo/Bajo, Woro/Campa, hingga Muku/Pali. Hehe, jadul ya?).

Ketika SMA (SMAN Bima di Raba, dulu juga hanya itu satu-satunya SMA Negeri di Kab. Bima) saya suka menulis puisi yang dikumpulkan dalam buku "Gelora Sukmaku" (buku ini tidak diterbitkan, tapi masih ada berisi kumpulan puisi yang sudah disortir yang saya tulis sejak SMA hingga kuliah di IKIP Semarang dan Unibraw Malang). Ketika menjelang selesai di Unibraw Malang saya juga sempat membuat novel silat dengan tokoh Rangga Liro, sudah memasuki buku ke-2 namun belum rampung. Buku pertama raib karena dibaca saudara-saudara di Bima (ha! gak punya kopinya lagi!).

Karir Menulis

Nah, karir "kepenulisan" dimulai di Fakultas Ekonomi Unibraw. Sejak lahirnya majalah mahasiswa FEUB "Indikator", saya ikut dalam kepengurusan. Pertama ditunjuk menjadi Editor, 1 tahun/periode, lalu Redaktur, 2 tahun/periode. Di sini saya menimba banyak pengalaman menulis berita dan wawancara. Tokoh paling berkesan yang saya wawancarai/tulis adalah Bob Sadino dan Tanri Abeng. Keduanya adalah tokoh enterpreneur yang mengunjungi kampus kami. Kemampuan "menulis" (dan bernalar) yang diasah di kampus ini cukup memberi kontribusi dalam prestasi kuliah. Semua mata kuliah seminar (menyusun makalah dan mempresentasikannya, yaitu Manajemen Keuangan, Produksi, Pemasaran, Personalia, dan Kebijakan Perusahaan), termasuk Skripsi, saya mendapat nilai "A". Cukup bangga sih (sorry bukan sombong :) apalagi KKN pun dapat "A" (hahaha... bukan Korupsi-Kolusi-Nepotisme lho, tapi Kuliah Kerja Nyata).

Kembali ke masalah tulis-menulis, di kantor saya pun sering mengisi buletin internal perusahaan, dan kemudian dipercaya mengelolanya sebagai Redaktur Pelaksana selama 2 tahun. Di sini saya menimba pengalaman mempersiapkan penerbitan mulai dari mengumpulkan naskah dari berbagai cabang/divisi/biro perusahaan, mengatur layout, menyunting hingga siap cetak, deal dengan percetakan (yang repot adalah membawa naskah siap cetak dalam disket, karena belum ada CD-Writer, USB Disk, atau Internet/percetakannya belum bisa email :), lalu mendistribusikannya ke seluruh Indonesia (sampai proyek).

Menulis di Media Massa

Di dunia luar (publik), pengalaman pertama saya adalah ketika opini saya tentang dokter dimuat di majalah Jakarta-Jakarta (JJ). Waktu itu masih kuliah di Unibraw, tingkat 2. Senangnya bukan main, apalagi weselpos honornya cepat sampai, dan jumlahnya sebesar uang jajan yang dikirim ortu saya sebulan! Ketika itu, saya gunakan untuk jalan-jalan ke Yogya, main ke Malioboro, Parangtritis dan Borobudur.

Kemudian, setelah ikut perusahaan pindah ke Jakarta, saya mulai mengenal majalah InfoKomputer. Saya mencoba menulis di rubrik Komputeria, diterima! Tentu saja saya mencoba menulis lagi, tidak dimuat. Saya lalu mencoba menulis buku yang membahas sebuah program 'kecil' yang saya buat dengan FoxPro. Keistimewaan program tersebut adalah compact dan sangat function (istilah 'ngasal' untuk mengatakan bermanfaat dalam aplikasi sehari-hari), disamping trik pemanfaatan fitur asli FoxPro yang powerful tapi jarang dipakai rekan programmer lain (yang saya kenal). Setelah jadi, saya print dan antar ke Elex Media. Diterima untuk dipelajari, lalu dikembalikan dengan koreksi. Setelah saya perbaiki, buku pertama itu pun diterbitkan!

InfoKomputer

Kembali ke majalah InfoKomputer, saya agak lupa kronologinya hingga saya mengajukan lamaran kerja dan dipanggil untuk test di InfoKomputer. Karena usia, saya tidak bisa menjadi karyawan, namun saya diberi 'pekerjaan' untuk menerjemahkan content yang diambil dari PCWorld (dulu sebagian content InfoKomputer diambil dari PCWorld, istilahnya InfoKomputer adalah majalah PCWorld edisi Indonesia). Selanjutnya saya diberi tugas untuk mengisi rubrik Tip Internet, lalu Tip Database. Semua saya lakukan di rumah, dan kadang-kadang mengambil waktu di kantor juga (haia :), tapi pekerjaan tetap tanggung jawab lah :))

Ketika InfoKomputer menerbitkan majalah Internet, saya pun dibagi tugas yang lebih banyak. Saya tetap memegang rubrik Tip Internet, kemudian rubrik Jelajah 1 dan Jelajah 2. Di InfoKomputer saya tetap mengisi rubrik Tip Database, yang sekarang diubah menjadi Enterprise > Database. Untuk Tip Database saya menulis tentang Microsoft Access dan Visual FoxPro, sementara untuk Enterprise Database saya menulis tentang SQL Server. Saya mengisi rutin di majalah InfoKomputer sejak 1998 hingga sekarang (2007), jadi sudah sekitar 9 tahun.

Selain di majalah, saya juga diajak untuk mengisi rubrik di tabloid PCplus. Saya sempat menulis rutin untuk beberapa edisi, namun tidak sanggup karena terbit setiap minggu. Beraaatt.. karena saya tidak kerja full di situ. Tulisan lain yang saya buat untuk "keluarga majalah Gramedia" (InfoKomputer, Chip, PCplus) adalah advertorial. Saya pernah menulis untuk produk Samsung, LG, HP, GTC, dan lain-lain (lupa dah).

Buku-Buku

Nah, untuk buku-buku yang diterbitkan PT Elex Media Komputindo (Kelompok Gramedia), selengkapnya bisa dilihat di http://haertalib.blogspot.com/2007/12/buku-buku.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar