Kopdar Belajar-Access III

Padat dan memuaskan...

Acara Kopdar (offline meeting) milis belajar-access ke-3 digelar di kediaman Bang Aksan Kurdin, moderator milis, Sawangan Depok, Minggu 27 Agustus 2006.

Saya agak terlambat datang karena beberapa urusan di rumah hari Minggu pagi, ditambah macet di jalan Radar Auri (perbaikan jalan) dan macet yang senantiasa ke arah Sawangan, dan tentu saja tidak bisa jalan cepat karena masih mencari-cari alamat.

Ketika sampai, mas Agung (Rosyid Computer) sudah mulai dengan presentasinya. Kesan saya, mas Agung benar-benar pemrogram yang telaten dan mau menghias user interface programnya sedemikian rupa. Tanya-punya-tanya, ternyata banyak hal yang merupakan trik alias akal-akalan saja, tetapi hasilnya mengagumkan. Karena mas Agung sebelumnya adalah programmer FoxPro, ciri tampilan FoxPro-nya pun tampak ikut terbawa, walaupun yang digunakannya adalah Access. Hebat.

Presentasi berikutnya adalah dari mas Adhieblue yang mempertunjukkan pemakaian Treeview pada aplikasi BOM (Bill of Material) di perusahaannya. Menurut mas Adhie, pemakaian Treeview cukup manfaat terutama dalam memudahkan pembacaan informasi di layar program.

Sebelum ISHOMA (Istirahat-Sholat-Makan), mas Iman alias Paijo.com memperkenalkan diri. Nah dari beliau ini ada beberapa souvenir berupa kaos dan tas tangan berlabel Brigestone yang akan dibagikan bagi beberapa peserta yang beruntung.

Setelah ISHOMA dilanjutkan dengan presentasi mas OPI yang memperkenalkan Opi Installation Wizard. Dengan program mas Opi ini developer Access akan mudah mengemas programnya ke dalam program setup. Wizard ini cukup kaya fitur dan mudah pemakaiannya, namun masih menggunakan third party software WinRar untuk kompresinya (menjadi exe). Di samping itu, RunTime version Access ternyata tidak di-include-kan ke dalam paket setup sehingga untuk menjalankan wizard ini dan program yang dibungkusnya masih mengasumsikan di computer target telah tersedia Microsoft Office Access.

Pada kesempatan ini mas Opi masih membahas sistem security 1-2-3 temuannya yang programnya dibagikan kepada peserta yang hadir.

Saya sendiri menjadi pembicara terakhir. Pada kesempatan itu saya mencoba untuk mengingatkan kembali teman-teman terhadap esensi Office Access sebagai tool pembuatan aplikasi yang instan dan cepat. Dengan Access, kita tidak harus membuat program seperti pada VB, Delphi, atau yang semacamnya, karena dengan Access kita bisa membuat program sederhana namun function (berjalan/digunakan).

Pada sesi penutup, host (Aksan Kurdin) mengambil kesepakatan hadirin untuk menunjuk saya sebagai host pertemuan berikutnya, yang disepakati pula diadakan setiap 6 bulan sekali saja (2 kali setahun). Pertemuan berikutnya insya Allah akan diadakan pada hari Minggu tanggal 25 Februari 2007.

Catatan:
- Saya sempat melihat program yang dibuat oleh pak Agus, ternyata ciamik pula. Wah, kalau saja ada kesempatan "bedah program" pasti menarik sekali, karena kita belajar dari contoh nyata sekaligus bisa mengetahui trik-triknya. Di samping itu pada bedah program, kekurangan program di mata developer lain bisa diungkap sebagai masukan untuk menyempurnakan program yang dibedah.
Insya Allah pada pertemuan yang akan datang kita coba acara BEDAH PROGRAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar