Menginstal Guest Addition pada VirtualBox

Saya adalah pemakai VirtualBox dari Oracle (https://www.virtualbox.org/). Saya merasa software ini adalah virtual machine yang paling baik dibanding yang lain seperti VirtualPC atau VMWare (ketiganya sudah saya coba). "Baik" menurut saya adalah kemudahan menginstal, kecepatan, mudahnya membuat virtual machine, dan GRATIS!

Salah satu fitur yang konvenien pada VirtualBox (atau sering disingkat VBox) adalah "Guest Additions". Dengan fitur ini kita bisa (yang sederhananya) menggerakkan mouse di dalam dan luar VBox tanpa perbedaan lagi, bisa berbagi clipboad, dan bisa menggunakan shared folder. Tetapi, sebagai "addition", Guest Additions harus diinstal tersendiri pada setiap mesin yang kita buat.

Cara installnya sih mudah, tinggal klik menu Device > Install Guest Additions.

Kemarin saya membuat sebuah machine Windows 2008 Server (untuk keperluan mengambil screen capture instalasi MS SQL Server untuk buku yang sedang saya tulis). Seperti biasa, saya menginstall Guest Additions dengan menu di atas. Lho, kok tidak terjadi apa pun? Saya mencoba lagi, sama saja. Saya kemudian sampai me-restart VM dan juga me-restart VBox nya sendiri. Tetap saja!

Akhirnya googling dan menemukan jawabannya. Ternyata karena saya sudah mount sebuah CD ke VM tersebut. Solusinya, tinggal klik menu Device > CD/DVD Devices > Remove disk from virtual drive. Setelah itu, klik pada menu untuk menginstal Guest Additions pun jalan sebagaimana mestinya! Ah!

Ternyata, hal ini pun hanya masalah versi yang saya gunakan saja (4.2.16, saat ini terbaru). Pada versi lain khabarnya "remove disk" akan otomatis dilakukan jika kita ingin menginstal Guest Additions.


1 komentar:

  1. koq gk bisa diinstall?? yg keluar memang guest addition,, tapi warna abu.. gk bsa ngapa2in... mohon pencerahan

    BalasHapus