Kampas Rem

Ouch! Gara-gara nggak nurutin nasehat mekanik untuk segera ganti kampas rem, terpaksa saya harus mengganti dengan cakram nya sekalian!

Kejadian ini saya alami kemarin Sabtu, 6 April 2013. Tempohari, ketika istri saya suruh untuk servis rutin di Daihatsu Cibubur (servis 30.000 KM), mekanik menyarankan untuk mengganti kampas rem. Istri menelepon, saya bilang nggak perlu menuruti semua yang disarankan bengkel. "Nanti saja," kata saya. Apalagi istri menyebut harganya sekitar 400 ribu.

Waktu itu saya memang tidak terlalu nyambung dengan tambahan servis kecuali list dalam servis rutin. Seminggu terakhir ini terdengar bunyi saat menginjak rem! Ah, mungkin rem harus diservis, atau penggantian kampas rem itu harus dilakukan. Baiklah, kalau hari libur saya akan bawa sendiri mobil ke bengkel.

Nah, ternyata bukan hanya kampas rem yang sudah habis, tetapi disk brake nya juga sudah tergores. Tidak ada cara untuk menghindar, terpaksa saya menuruti semua saran mekanik! Jadinya, kena hampir 1,2 juta!

Sang mekanik bilang, kampas rem memang harus diganti setelah mencapai 30.000 KM, terutama karena mobilnya matic. Di sini yang membuat saya agak heran, kalau memang umur kampas rem sekitar 30.000 KM, kenapa tidak dimasukkan saja ke list servis rutin 30.000 KM? Kalau ada dalam list, "pasti" saya tidak akan menolak :D

Ah, ada-ada saja. Dasar nggak ngerti ngerawat mobil :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar