Ayo Menulis

Apakah sempat terbersit dalam pikiran Anda seandainya tidak ada yang menulis di website atau blog, lalu apa yang Anda cari (search) dengan Google? Sekarang semua orang mudah mencari informasi dengan Google, Apa-apa di-Google! Tetapi tidak memikirkan bahwa hasil yang dicari itu adalah tulisan atau postingan seseorang, hasil sharing seseorang. Apakah Anda sudah pernah sharing informasi di Web, misalnya menulis di Blog? Jika belum, cobalah mulai berbagi.

Sharing Itu Penting


Apa saja boleh dituliskan, terutama informasi yang mungkin berguna bagi seseorang. Tidak perlu menulis banyak, tidak perlu 'lomba mengarang'. Cukup tulis pengalaman Anda, pengamatan Anda, pandangan atau pendapat (opini) Anda, keluhan Anda, pertanyaan Anda, dan lain-lain yang simple (sederhana). Anda tidak akan menyangka bahwa suatu saat tulisan Anda itu berguna bagi orang lain.



Mengikat Ilmu


Saya pernah mengunjungi website IlmuKomputer.com. Di sana terdapat sebuah motto atau semboyan "Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya". Di waktu kemudian barulah saya mengetahui bahwa kalimat tersebut berasal dari sebuah hadis! Tentu saja benar, dan semboyan ini akhirnya selalu dakwahkan :)

Saya sendiri, setelah menulis banyak (menurut kapasitas saya, namun masih sangat kurang dibandingkan dengan yang menulis lebih banyak lagi :)) sangat merasakan kebenaran semboyan atau hadis tersebut. Setiap kali kita menulis, sebenarnya kita 'membaca' lebih banyak lagi, yaitu membaca tulisan kita berulang kali, mencermatinya, memperbaikinya, dan jika kita tidak yakin dengan kebenaran tulisan tersebut, kita akan mencari, membuka, dan membaca lagi sumber ilmunya. Jadi, ketika kita menulis, sebenarnya kita sedang membaca dan merekam ke otak lebih banyak lagi. Itulah antara lain makna "mengikat ilmu dengan menuliskannya".

Selain makna di atas, ilmu yang sudah dituliskan benar-benar "terikat" akan pada media tulisnya. Coba lihat berapa banyak kitab dan buku (juga majalah, koran, dan sebagainya termasuk juga media elektronik/digital seperti file komputer, website, dan lain-lain), semua masih "mengikat" ilmu yang dituliskan padanya. Kita hari ini mendapatkan banyak ilmu (pengetahuan) karena sudah dituliskan! Berapa banyak ilmu (pengetahuan, sejarah) yang hilang dan bias karena disampaikan secara lisan, tidak tertulis.

Jadi, mulailah menulis! Apa saja. Apalagi di blog pribadi, Anda bisa menulis apa saja (namun jangan menulis yang tidak baik, karena PASTI akan kembali kepada Anda!)

Menulis itu Tidak Sulit


Memang pada kenyataannya sulit untuk menjadi penulis, tetapi tidak sulit untuk menulis! Jika Anda ingin menjadi penulis, tulisan Anda harus enak dibaca dan mudah dipahami. Untuk kedua hal itu Anda harus menggunakan kaidah-kaidah di dalam menulis, misalnya menentukan tema atau topik tulisan, mengambil sudut pandang (angle), membentuk pikiran utama dan pikiran penjelas dalam setiap paragraf, menggunakan bahasa dengan baik dan benar, menggunakan ejaan dengan benar, memperkaya tulisan, dan lain sebagainya. Hal-hal ini sebenarnya bisa dipelajari, dan akan menjadi mahir setelah berpengalaman. Memang ada unsur bakat, tetapi tidak ada seorang pun yang langsung menjadi penulis mulai dari bayi!

Anda tidak perlu menjadi penulis, tetapi cukup 'menulis' apa yang ingin Anda tulis atau ingin dibagi ke orang lain. Tulis saja, Anda akan heran sendiri kalau tulisan Anda yang sederhana akhirnya menjadi panjang... ternyata Anda bisa menulis!

Setelah menulis untuk yang kedua kali, ketiga kali, ke-100 kali, ke-1000 kali, tentu Anda akan bisa menulis dengan mudahnya, dengan bagusnya, bahkan akan mempunyai 'gaya' tulisan sendiri!

Lihatlah pemain sepatu roda. Ketika pertama mencoba, pastilah akan mengalami jatuh. Tetapi lama-lama dia akan menjadi terbiasa dan mahir. Kalau dia tidak mencoba, dia tidak akan bisa. Kalau dia berhenti mencoba setelah jatuh, dia tidak akan menjadi mahir. Jadi, kalau Anda mulai menulis, tulis saja. Tulis di blog supaya tidak disobek dan dibuang. Besoknya tulis lagi dan lagi. Lama-lama Anda akan terbiasa. Tulislah yang ingin Anda rekam (untuk kenang-kenangan). Tulislah yang ingin Anda bagi ke orang lain. Tulislah untuk menunjukkan eksistensi Anda, bahwa Anda pernah ada di dunia ini!



1 komentar:

  1. Halo mas sya pecinta Access..
    saya ingin mengajak mas kumpul barang pecinta ms access dibandung...

    Email:micronovtech@gmail.com

    BalasHapus